Kamis, 09 Maret 2017

Daftar Tools Autocad - Mengenal 3D Modeling ,Konsep dan Navigasi

Mengenal 3D Modeling ,Konsep dan Navigasi - AutoCAD memiliki fitur 3D modeling. Meski hanya terbatas untuk visualisasi, tapi cukup baik. Dan memang seringkali hanya visualisasi yang dibutuhkan.

Mulai sekarang, saya akan mencoba membahas tutorial AutoCAD 3D. Tidak ada salahnya bagi yang sudah menguasainya mengikutinya juga, karena ada cukup banyak perbedaan dengan versi lama.


Sebetulnya konsep dasar 3D modeling di AutoCAD tidak banyak berbeda.

Konsep pertama yang harus anda ingat adalah, meski 3D mengenal 3 sumbu koordinat X,Y, Z… kita tetap menggambar hanya dalam sumbu X dan Y.

Cobalah buka AutoCAD anda. Buatlah gambar rectangle. Ukurannya bebas saja.

Konsep kedua yang harus anda ketahui adalah, kebanyakan ‘native feature’ 3D membutuhkan anda untuk membuat profil tertutup. Entah rectangle, circle, polygon, atau polyline tertutup.

OK, sekarang dari ribbon bar, di bagian view, ubahlah visual styles menjadi 3D Wireframe.

Bagi anda ‘command line lovers’ bisa ketik VS [enter]. VS adalah singkatan dari visual styles.

Seharusnya anda sekarang sudah bisa melihat ‘view cube’ di pojok kanan atas area drawing anda. Klik sudut view cube tersebut. Anda akan melihat pandangan isometric dari gambar anda.



Sekarang di bagian 3D Modeling, klik extrude. Extrude akan menambahkan ketinggian pada objek polygon tertutup.



Rules dalam 3D modeling tetap sama.

Menggunakan tool AutoCAD: Klik pada toolbar, dan ikuti langkah selanjutnya pada dynamic input atau command line.

AutoCAD akan meminta anda mendefenisikan objek yang akan di extrude. Pilihlah rectangle anda yang sudah dibuat sebelumnya. Tekan [enter] untuk mengakhiri seleksi objek. Perhatikan bahwa kalau anda menggeser mouse anda, tinggi extrusion juga akan mengikuti. Ketikkan saja tinggi objek yang sesuai, lalu tekan [enter].

Cara ini adalah cara paling umum dalam membuat objek 3D. Kita membuat profil, lalu ditambahkan feature agar objek jadi 3D.

Sekarang coba matikan dynamic UCS (DUCS) pada toolbar drafting settings. Di atas status bar.




Untuk tutorial dasar DUCS tidak akan kita gunakan dulu. Kelak akan kita bahas secara terpisah.

Sekarang coba lagi buat rectangle.


Perhatikan bahwa kita cuma bisa menggambar di sumbu X dan Y.

OK, sekarang kita coba navigasi 3D dari model ini. Perhatikan view cube. Bagi anda yang baru menggunakan AutoCAD untuk 3D sekarang boleh dibilang beruntung :)

Anda dapat mengklik ‘front’ untuk melihat dari depan, left, top, dan sebagainya. Arahkan saja pointer anda ke sisi-sisi kubus itu, dan klik untuk sudut pandang yang diinginkan


Sekarang coba lagi visual styles. Cobalah ubah-ubah menjadi 3D Hidden, Conceptual, dan Realistic. Perhatikan bedanya.

Di bagian berikutnya, kita akan membahas mengenai UCS (User Coordinate System). Bagi yang mengikutinya dan ingin bantu melengkapinya atau bertanya silahkan. Stay tuned ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar