Kamis, 16 Februari 2017

Menggunakan Parameter Tools AutoCAD

cara menggunakan parameter tools pada AutoCAD tidaklah sulit anda bisa perhatikan langkah-langkah dibawah ini.

Perhatikan ada simbol panah ke bawah setelah or.



Cobalah tekan panah ke bawah pada keyboard anda. Anda akan melihat pilihan berikut:



Circle memiliki beberapa parameter yang memungkinkan anda membuat circle dengan cara lain. Yaitu dengan mendefenisikan 3 points, 2 points, dan Tangent tangent radius.

No. 1 adalah cara anda menggambar circle dengan metode center radius. Yang kedua dengan 2 points.



Jika anda aktifkan lagi circle, dan memperhatikan command line, anda akan melihat tulisan berikut:

Command: _circle Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan
radius)]:

Command line bagaimanapun merupakan ‘core’ dari AutoCAD sejak lama. Banyak option yang dapat anda lihat di sana, lebih dari dynamic input (text di sebelah pointer). Adakalanya, anda harus melihat pilihan parameter di command line, karena di dynamic input tidak tampak, bahkan tidak ada tanda  panah ke bawah.

Bagaimana menggunakan parameter di command line? Ketik saja text yang ada. Setiap text unik. Jika anda ingin menggunakan 3 points, cukup ketik 3 lalu [enter]. Atau jika melihat seluruhnya text (seperti Ttr), cukup ketikkan huruf yang kapitalnya saja. t lalu [enter].

Sekali lagi, saya tidak akan membahas secara detail setiap tools. Jadi mohon di explore sendiri. Percayalah, jika anda mempelajarinya sendiri, akan makin melekat di kepala anda, daripada anda dituntun untuk masing-masing tools.

Tantangan:

1. polygon.jpg Sekarang coba aktifkan polygon. Cobalah buat beberapa bentuk polygon. Ikuti setiap parameter, dan pelajari apa fungsinya.

2. Buatlah rectangle seperti di bawah ini. Ukurannya terserah anda. Gunakan hanya tool rectangle. Kita tidak menggunakan rotate di sini!.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar